Jakarta, 12 Maret 2022 – Bersamaan dengan gelaran BCA Expoversary 2022, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) tebar bunga spesial bagi pelaku UMKM. Langkah tersebut merupakan salah satu cara perseroan dalam membantu pelaku UMKM keluar dari tekanan akibat pandemi, di samping upaya pendampingan berkelanjutan demi mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia.
“Selama penyelenggaraan BCA Expoversary, kami menawarkan bunga spesial kredit multiguna bagi pelaku UMKM sebesar 3,65% untuk tujuan ekspansi usaha. Selain itu, ada juga pembiayaan untuk ekspansi gudang dengan bunga spesial 5,65% dan UMKM di sektor ESG yang produknya ramah lingkungan dengan suku bunga spesial 7,25% per tahun,” ujar EVP Commercial & SME BCA Freddy Iman di acara BCA Expoversary 2022 di ICE BSD City, Tangerang, Jumat (11/03/2022).
Freddy mengungkapkan, pola pendampingan yang dilakukan perseroan terhadap pelaku UMKM terarah pada upaya memampukan pelaku UMKM bersaing dengan kompetitor. Di samping itu, beberapa pelaku UMKM mendapat bantuan pendampingan dalam hal transaksi pembayaran sehingga semua transaksi terekam dan memiliki histori. Hal ini dilakukan agar pelaku UMKM lebih dapat diterima oleh perbankan dan memiliki peluang besar di kemudian hari untuk mendapatkan dukungan finansial dalam memperbesar usahanya.
“Banyak pelaku UMKM yang kami temukan, tadinya berangkat dari hobby. Kami lakukan kurasi, membantu mereka dalam hal packaging, pemasaran, on boarding, sehingga para pelaku UMKM akhirnya bisa benar-benar menjadi pengusaha yang siap menghadapi berbagai tantangan,” kata dia.
Seperti diketahui, BCA terus berkomitmen memajukan sektor UMKM demi membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hingga Desember 2021, kredit komersial dan UKM naik 4,8% YoY menjadi Rp195,8 triliun, seiring membaiknya permintaan di sektor ini pada semester II-2021.
Akhir tahun lalu, BCA menandatangani perjanjian kerjasama dengan PT Modal Rakyat Indonesia sebagai penyelenggara fintech peer to peer lending Modal Rakyat. Melalui kerja sama ini, BCA mengalokasikan limit kerja sama senilai Rp 20 miliar yang akan didistribusikan kepada UMKM yang sedang mengembangkan bisnis.
Selain itu, BCA juga menjalin kerja sama dengan PT Komunal Finansial Indonesia (Komunal) untuk membantu UMKM dalam mengembangkan bisnis dengan limit senilai Rp15 miliar. Untuk informasi, Komunal merupakan perusahaan teknologi finansial yang memberikan fasilitas berupa layanan peer-to-peer untuk menciptakan hubungan antara UMKM potensial dengan para pemberi dana.
Di lain pihak, perseroan juga menyelenggarakan UMKM Fest, yang mempromosikan lebih dari 1.700 merchant UKM lewat platform online. Melalui program Bangga Lokal, 745 pelaku UMKM mendapatkan dukungan dalam hal membantu promosi, marketing, edukasi, hingga kesempatan untuk mendapatkan pembiayaan modal kerja.
Freddy menambahkan, perseroan akan tetap berkomitmen mendampingi pelaku UMKM demi meningkatkan kapasitas agar menjadi UMKM yang lebih profesional. Hal ini merujuk pada fakta bahwa dari 65 juta pengusaha Indonesia, 95 persennya adalah pelaku UMKM. Pihaknya juga terus mendukung upaya pemerintah mengembangkan UMKM agar lebih dikenal di kancah global melalui business matching yang berdampak pada produk UMKM dapat diekspor.
“Kita juga akan bangga, kalau tadinya UMKM, dalam perjalanan mereka bisa menjadi unicorn. Karena itu, bantuan dalam bentuk edukasi, pendampingan, pembiayaan perlu terus dilakukan agar produk UMKM menjadi lebih modern, berkualitas, dan sukses naik kelas,” tegas dia.
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Desember 2021)
BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Desember 2021, BCA melayani 29 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 48 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.242 kantor cabang, 18.034 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan Bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat & Komunikasi Perusahaan
Biro Hubungan Masyarakat
Alamat : Jl. MH Thamrin No.1, Menara BCA Lt. 20. Jakarta 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id