BCA
Edukatips - #StayAtHome, Biarkan Uang Bekerja untuk Kamu

Saat #StayAtHome mau lapor SPT? Dari rumah bisa dilakukan! #BankingFromHome aja. Sebagai warga negara yang baik tentu dengan sukarela akan melaporkan harta kekayaannya dan melaporkan potongan pajak yang sudah dibayarkan selama 2019 kemarin. Gampang loh lapornya via online aja https://djponline.pajak.go.id/

Bila kamu seorang karyawan swasta, sebelum melakukan Pelaporan Pajak Online Tahunan dengan fitur e-Filing, secara sederhana ada 5 dokumen yang harus disiapkan terlebih dahulu, yaitu:

  1. Siapkan KTP / eKTP /Paspor untuk WNI  dan Kartu Keluarga
  2. Siapkan Kartu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) Pribadi. Kartu ini sebagai bukti Kamu adalah Wajib Pajak.
  3. Siapkan E-FIN (Electronic Filing Identification Number). Jika belum punya, kamu bisa mengajukan permohonan efin dengan mengisi formulir berikut.
  4. Siapkan Bukti Potong Pajak.
    1. Bukti potong pajak untuk karyawan/pegawai terbagi menjadi dua, yaitu formulir 1721 A1 (untuk pegawai swasta) dan formulir 1721 A2 (untuk pegawai negeri sipil). Lalu, bagaimana cara mendapatkan bukti potong pajak?  Biasanya bukti potong pajak ini didapat dari HRD perusahaan kamu.
    2. Bukti potong pajak penghasilan dari saham-saham kepunyaanmu. Untuk saham kamu di BCA Sekuritas, hubungi aja layanan BCA Sekuritas via HaloBCA 1500888.
  5. Yang tidak kalah penting, Siapkan Daftar Harta dan Kewajiban (utang). Kamu juga perlu menyiapkan dokumen-dokumen tambahan yang masih berkaitan dengan pelaporan pajak yaitu dokumen kekayaan dan kewajiban (utang) kamu. Antara lain:
    1. Daftar Penghasilan ada pada SPT
    2. Daftar Harta yang kamu miliki, posisi 31 Desember 2019:
      1. Bila punya emas perhiasan atau logam mulia, silakan dicatat berapa nilainya.
      2. Jumlah uang cash dalam Rupiah dan Mata Uang Asing.
      3. Jumlah uang Tabungan di tahun 2019. Untuk jumlah Tabungan BCA kamu silakan cek e-statement melalui KlikBCA, begini caranya
      4. Kamu punya rumah atau mobil yang kreditnya di BCA? Halo Kredit Konsumer, HaloBCA 1500888, siap memberi informasi outstanding KPR dan KKB BCA Finance.
      5. Berapa kepemilikan saham kamu di BCA Sekuritas tahun lalu? HaloBCA 1500888 layanan BCA Sekuritas siap membantu kamu.

Itulah dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pelaporan pajak pribadi secara online via fitur e-Filing.

#BankingFromHome supaya Kamu #StayAtHome. Negara kuat karena Kamu pembayar pajak.


  Share biar yang lain tahu


Simak Edukatips Lainnya