BCA
Edukatips - Expoversary

Hi guys, saat ini wabah COVID-19 atau virus Corona sedang melanda di dunia, bahkan hingga di Indonesia. Pemerintah mengajak kita untuk melakukan segala kegiatan sebisa mungkin dari rumah: bekerja di rumah (work from home), belajar di rumah, beribadah di rumah, dan untuk urusan finansial juga banking from home aja guys.

Ini 6 tips Work From Home yang efektif versi BCA:

  1. Buat Seolah-olah Kamu Beneran Ngantor
    Bekerja dari rumah sesekali adalah sebuah kemewahan dan kebanyakan orang pasti senang. Namun ingat, di sini kamu dihadapkan pada kenyataan bahwa bekerja dari rumah tetap dikenakan kewajiban bekerja 8 jam penuh.

    Kamu mungkin memiliki lebih banyak waktu buat leha-leha di tempat tidurmu karena kamu tidak perlu melakukan perjalanan menuju kantor. Tetapi kamu harus segera bangun, bersiap-siap dan mengatur ruangan kerja agar kamu dapat bekerja dengan nyaman.

    Bukan berarti mendirikan toko makanan di tempat tidur atau dari sofa kamu ya guys, tetapi benar-benar duduk di meja untuk memastikan kamu memiliki penampilan yang baik dan sopan, apalagi untuk video conference.

  1. Buat Daftar Pekerjaan yang Produktif
    Manage hari kamu. Ketika kamu bekerja dari rumah, kamu harus menjadi manajer untuk kamu sendiri dan karena itu kamu harus mengelola produktivitas kamu (dan tim kamu). Buat segmentasi pekerjaan agar tim dapat bekerja secara efektif.

    Di setiap akhir hari, buat list to do dan goals kamu (dan tim) untuk hari berikutnya sehingga kamu memiliki kejelasan / fokus dalam pekerjaan dan kamu tidak perlu membuang waktu keesokan paginya.

    Berikan diri kamu waktu istirahat sehingga bisa tetap fokus dan menghindari kelelahan.

  1. Berpikir Seperti Pengusaha
    Karena pandemi Virus Corona mempengaruhi ekonomi global, kamu harus melihat bagaimana kamu bisa menambah nilai bagi organisasi, tim, atau customer. Pikirkan apa yang dapat kamu lakukan untuk mendefinisikan masalah dan mencari solusi untuk membantu perusahaanmu dapat bertahan dan memastikan bisnis tetap berjalan.

    Berpikir 'entrepreneurially' pada dasarnya memiliki pola pikir kewirausahaan. Apa yang akan kamu lakukan untuk membantu perusahaan, bagaimana kamu bisa menambah nilai bagi perusahaan, bagaimana kamu akan mendekati setiap masalah.

    Pandemi saat ini membutuhkan pola pikir lebih dari 'berpikir out of the box’!

  1. Tetap Terhubung
    Dalam era teknologi, bekerja dari jarak jauh atau bekerja dari rumah tidak harus berarti bekerja secara terpisah. Jika kamu biasanya mengadakan rapat tim mingguan, kamu masih bisa mengadakan rapat tim melalui banyak teknologi yang berbeda (mis. Zoom / Tim Microsoft dll.).

    Biasanya ketika bekerja dari rumah, perubahan pada lingkungan kamu adalah penting. Pastikan kamu memiliki area kerja tersendiri di rumah yang memiliki suasana mendukung untuk fokus bekerja.

  1. Terima Gangguan
    Ketika di rumah tentu akan ada segudang gangguan yang kamu hadapi: Anak istri wara-wiri, bunyi mesin cuci, TV, pedagang jajanan lewat.

    Kamu harus menyadari bahwa beberapa gangguan ini dapat dicegah dan beberapa tidak bisa, dan gangguan adalah kenyataan - selama mereka tidak mengambil alih seluruh hari kerja.

    Ketika anak-anak masuk ruangan saat kamu sedang melakukan video call, biarkan mereka menyapa. Setelah itu, cobalah untuk menjelaskan kepada anak-anak apa arti waktu bekerja - supaya mereka memahami kalau kamu sedang bekerja di rumah.

    Coba tahan godaan untuk tidak nonton TV atau berkutat di media sosial. Hal ini sangat tidak produktif dan dapat mengganggu fokus kamu. Ayo buktikan kepada perusahaan bahwa tanpa wabah virus Corona pun, kamu dapat dipercaya untuk work from home.

  1. Untuk Urusan Keuangan, lakukan Banking From Home
    Banking From Home BCAKetika kamu asyik bekerja, tiba-tiba muncul dihadapanmu seabreg urusan finasial. Apa yang kamu lakukan? Don’t panic! Banking from home aja. Ikuti beberapa tips ber-banking from home ini:

    • Bunyi token pulsa PLN habis
      Segera ambil smartphonemu, buka fitur m-commerce di BCA mobile, pilih “PLN Prabayar”, lalu masukkan / pilih no.ID pelanggan, lalu pilih nominal, masukkan PIN dan beres. Nomor token tinggal diinput di meteran PLN.

    • Si Sulung minta dibuatin tabungan
      Asal dia sudah punya e-KTP, bisa buka rekening di mana saja. Sambil santai di kamar juga bisa. Tinggal download BCA mobile, klik “Buka Rekening Baru”, ikuti petunjuknya, selesai deh. Si Sulung udah bisa nabung sendiri di tabungannya.

    • Dapat telpon dari petugas bank tagihan kartu kredit jatuh tempo Buka BCA mobile di smartphone-mu, buka fitur m-Payment dan pilih “Kartu Kredit”, input nomor Kartu Kredit, masukan nominal pembayaran, lalu masukkan PIN, selesai deh. Tagihan lunas, hati nggak cemas..

    • Si Nomor 2 teriak kehabisan saldo e-wallet buat pesan makanan Buka fitur m-transfer di BCA mobile, pilih BCA Virtual Account, masukkan nomor virtual account e-wallet, isi nominal, lalu masukkan PIN. Beres deh, nggak perlu khawatir nggak bisa pesan makan karena saldo e-wallet habis..

    • Istri teriak mau arisan ibu-ibu
      Ajarin istri untuk mengaktifkan BCA Keyboard. Buat arisan secara online via video call rama-rame. Nanti transfer-transfernya bisa pake BCA Keyboard.

    • Si Mba teriak minta diisi saldo Flazz buat belanja kebutuhanGampang. Kasih aja si Mba kartu Flazz yang berlogo baru. Lalu kamu bisa bantu cek dan top up saldo via BCA mobile kamu.

    • Si Bungsu teriak minta voucher game
      Buka aplikasi Sakuku lewat smartphone Android. Cari menu “Voucher Game”, pilih jenis gamenya, masukkan user ID game dan pilih nominal voucher, masukkan PIN. Si Bungsu jadi happy deh karena gamenya sudah di-top-up.

Untuk segala urusan finansial, banking from home aja biar kamu tetap stay at home dan nggak kena risiko tertular atau menularkan Covid-19. Stay safe ya guys!

Psst, jangan lupa jaga kebersihan selalu..


  Share biar yang lain tahu


Simak Edukatips Lainnya