BCA

Salah satu kegiatan dalam rangka go green yang paling mudah dilakukan adalah hemat penggunaan kertas dan ini memberikan kontribusi cukup besar dalam rangka menjaga bumi agar tetap hijau.


Selamatkan Hutan Indonesia

Sebagaimana diketahui, bahwa bahan baku utama kertas adalah pohon/kayu, untuk dapat diolah menjadi kertas diperlukan pohon dengan usia 5-10 tahun. Setiap hari kertas diproduksi dan digunakan, sementara penanaman pohon belum tentu setiap hari dilakukan, belum lagi jangka waktu penanaman yang lama.

Kebutuhan terhadap kertas juga akan semakin meningkat sementara jumlah lahan yang dapat ditanami pohon semakin berkurang.

Kondisi tersebut perlu disikapi dengan tindakan-tindakan yang bijak, antara lain dengan penghematan kertas dan penggunaan kertas secara bijak untuk menyelamatkan/mengurangi penebangan pohon.

“Apabila dapat mengolah ulang 1 ton kertas, berarti dapat menghemat 7000 galon air, menyelamatkan 20 pohon, mencegah polusi udara, juga menghemat pemakaian listrik rumahan selama 6 bulan,” (www.goinggreentoday.com)


Bagaimana Dengan Sampah Struk ATM?


Guys, pernah ga ketika sedang di gallery ATM kalian melihat kertas struk ATM menumpuk di tempat sampah dan berserakan dimana-mana?

Sadarkah bahwa ketika kita selesai bertransaksi, ambil kertas struk, cek sebentar lalu meremas dan membuangnya ke tempat sampah?

Tahun 2018, konsumsi kertas struk ATM BCA mencapai 69.790 roll struk berdiameter besar dan 187.290 roll struk berdiameter kecil.  

Singkat cerita, konsumsi kertas struk ATM BCA dalam setahun bisa mencapai panjang kurang lebih 80.000 KM.

Bayangkan jika semua konsumsi kertas struk ATM di Indonesia ditotal dalam setahun. Jika dibentangkan, berapa kali kita bisa mengelilingi bumi?

*Keliling bumi = 40.000 KM (sumber: Google Map)


Yuk, Pilih Transaksi Tanpa Struk ATM

Sebelumnya transaksi “tanpa struk” di ATM BCA hanya ada pada transaksi Tarik Tunai Cepat atau FAST CASH, sementara pada transaksi Tarik Tunai Lainnya tetap mencetak struk. Sejak 2016 BCA sudah menyediakan opsi pada transaksi Tarik Tunai Lainnya dimana kamu akan diberikan dua pilihan, “mencetak struk” atau “tanpa struk”. 

Menu Transaksi Tarik Tunai Lainnya saat ini:

Jika memilih “tidak”, maka sisa saldo akan muncul di layar ATM.


Gagasan Untuk Mengurangi Sampah Struk ATM dan Menyelamatkan Pohon

Idenya adalah, menerapkan transaksi tanpa struk di ATM, khususnya pada menu transaksi penarikan tunai di semua ATM BCA.

Mengapa menu Tarik Tunai? Karena secara faktanya menu lain seperti Transfer, Pembayaran dll masih memerlukan struk ATM sebagai bukti transaksi.

Sedangkan Tarik Tunai biasanya orang-orang hanya melihat saldonya lalu struknya dibuang ke tempat sampah.

Lakukan transaksi tanpa struk di ATM, untuk mengurangi sampah kertas struk ATM!

Yuk kita dukung go-green!



  Share biar yang lain tahu



Simak Edukatips Lainnya