Edukasi dan literasi keuangan

Edukasi literasi keuangan merupakan program Pemerintah yang didukung perbankan nasional termasuk BCA. Perseroan melaksanakan program edukasi solusi perbankan dan literasi keuangan melalui berbagai kegiatan dan publikasi materi edukasi produk perbankan melalui media massa baik yang dilakukan secara mandiri maupun bekerja sama dengan OJK.

Literasi Keuangan
Kami turut aktif mendukung pelaksanaan program literasi keuangan untuk meningkatkan indeks literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia, beberapa program yang dilaksanakan selama periode 2016, antara lain:

Edukasi Literasi Keuangan dengan Mobil Literasi Keuangan (SiMOLEK)
Kegiatan literasi keuangan dengan menggunakan mobil literasi keuangan (SiMolek) ini diprakarsai oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Program Edukasi Literasi Keuangan yang dijalankan adalah meningkatkan pemahaman akan perencanaan keuangan, pengenalan produk/jasa keuangan (manfaat, risiko, hak, dan kewajiban). Kegiatan dilakukan, antara lain di Denpasar, Garut, Jakarta, Medan, Palangkaraya, Salatiga, Semarang, Tasikmalaya dan Yogyakarta.

Edukasi Literasi Keuangan kepada Tenaga Kerja Indonesia (TKI)
Edukasi keuangan bagi TKI ini memberikan pemahaman mengenai mengelola keuangan dan pengetahuan produk/jasa keuangan (manfaat, risiko, hak dan kewajiban) serta kewirausahaan. BCA bekerja sama dengan OJK, Konsulat Jendral RI (KJRI) Hong Kong, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dan Lembaga Jasa Keuangan lain. Total TKI yang mengikuti program edukasi ini ± 1.000 TKI.

Edukasi Literasi Keuangan kepada Pelajar
BCA juga aktif mendukung program edukasi literasi keuangan kepada pelajar, melalui produk tabungan Simpel/Simpel IB (Simpanan Pelajar). Edukasi dan aktivasi Simpel dilaksanakan di beberapa lokasi, seperti di Bandung dan Kuningan, Jawa Barat serta di Grobogan, Jawa Tengah.

Selain itu, itu BCA juga aktif menyelenggarakan literasi keuangan serta simulasi menabung kepada 200 siswa SD di Pringgabaya Lombok Timur dan Gondanglegi Malang, Jawa Timur; 300 siswa di SMP Negeri 6 Kota Serang, SMP Negeri 1 Gadingrejo, SMP Negeri 1 Semanu, SMP Negeri 1 Ponjong dan SMP Negeri 1 Karangmojo juga telah mengikuti edukasi literasi keuangan.

Edukasi Literasi Keuangan melalui Program Day Care BCA
Kegiatan literasi keuangan bagi anak usia sekolah juga dilaksanakan melalui program Day Care BCA, yang ditujukan kepada anak-anak karyawan BCA. Selama periode 2016, Day Care BCA dilaksanakan di 5 kantor wilayah BCA, yang diikuti oleh 440 anak-anak.

Edukasi Literasi Keuangan program LAKU PANDAI
BCA percaya bahwa kegiatan Literasi dan Inklusi adalah dua kegiatan yang tidak dapat dipisahkan. Sesuai tujuan program yang dicanangkan oleh OJK, BCA secara berkelanjutan mensosialisasikan kepada masyarakat akan prinsip pengelolaan keuangan, fungsi tabungan sebagai sarana persiapan dan perwujudan masa depan keluarga serta menyadarkan dan memberikan pemahaman akan perbedaan utang konsumtif dan produktif. Selama periode 2016, kegiatan ini dilaksanakan di beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Di Jawa Tengah meliputi Gunung Kidul, Jepara, Grobogan, Demak, Kudus dan Wonogiri. Sementara di Jawa Barat meliputi Kuningan, Ciamis, Cirebon dan Majalengka.

Program literasi keuangan ini telah diikuti oleh 57.021 orang. Untuk memberikan kemudahan nasabah dalam bertransaksi, BCA telah bekerjasama dengan 79 agen yang tersebar di lokasi-lokasi tersebut di atas.