Dirilis pada 15-03-2017

Informasi dan Ketentuan Pengisian Bilyet Giro Terbaru

Informasi dan Ketentuan Pengisian Bilyet Giro Terbaru

[Tampak Depan Bilyet Giro]

Informasi dan Ketentuan Pengisian Bilyet Giro Terbaru

[Tampak Belakang Bilyet Giro]

Terkait informasi dan ketentuan dari Bank Indonesia mengenai Bilyet Giro, dengan ini BCA ingin menginformasikan mengenai ketentuan pengisian Bilyet Giro terbaru. Informasi ini tentu akan semakin mempermudah Anda selaku para nasabah dalam pengisian untuk mengurangi potensi terjadinya tolakan Bilyet Giro.

Keterangan Tampak Depan Bilyet Giro
Wajib dipenuhi oleh Bank Tertarik:

  1. Nama “Bilyet Giro” dan nomor Bilyet Giro
  2. Nama Bank Tertarik
  3. Perintah yang jelas & tanpa syarat untuk memindahbukukan

Wajib dipenuhi oleh Penarik:

  1. Nama dan nomor rekening Penerima
  2. Nama Bank Penerima
  3. Jumlah dana yang dipindahbukukan baik dalam angka maupun dalam huruf
  4. Tanggal Penarikan
  5. Tanggal Efektif
  6. Nama jelas Penarik
  7. Tanda tangan Penarik

Adapun ketentuan pengisian Bilyet Giro terbaru yang perlu Anda perhatikan adalah sebagai berikut:

  1. Penarik wajib memenuhi syarat formal Bilyet Giro secara lengkap pada saat penerbitan Bilyet Giro dan dilakukan sebelum Bilyet Giro diserahkan oleh Penarik kepada Penerima.
  2. Pemenuhan syarat formal dilakukan dalam bahasa Indonesia serta dapat ditambahkan padanan katanya dalam bahasa Inggris.
  3. Tanggal Efektif harus berada dalam Tenggang Waktu Pengunjukan, yaitu 70 (tujuh puluh) hari sejak Tanggal Penarikan. Penarik tidak dapat membatalkan Bilyet Giro selama Tenggang Waktu Pengunjukan.
  4. Jumlah nominal per warkat Bilyet Giro yang dapat diproses melalui kliring maksimal  sebesar Rp 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).
  5. Pemenuhan syarat formal berupa nama jelas Penarik diatur sebagai berikut:
    1. nama jelas Penarik wajib dilengkapi oleh Penarik;
    2. dalam hal Penarik adalah badan hukum dan/atau badan usaha dan belum dilakukan personalisasi,  nama jelas Penarik adalah nama badan hukum dan/atau badan usaha pemilik Rekening Giro.;
    3. nama jelas Penarik tidak wajib dicantumkan apabila warkat Bilyet Giro telah dilakukan personalisasi nasabah oleh Bank Tertarik.

  6. Tanda tangan Penarik dilakukan langsung oleh Penarik dengan menggunakan tanda tangan basah sesuai dengan spesimen tanda tangan yang ditatausahakan oleh Bank Tertarik dan dapat dilengkapi dengan cap atau stempel sesuai dengan perjanjian pembukaan Rekening Giro.
  7. Dalam hal terdapat kesalahan penulisan dalam Bilyet Giro penarik dapat melakukan koreksi dengan cara mencoret tulisan yang salah dan melakukan perbaikan penulisan apabila diperlukan. Koreksi kesalahan penulisan harus ditandatangani oleh Penarik dan dilakukan paling banyak 3 (tiga) kali.
  8. Penarik dapat melakukan pemblokiran pembayaran Bilyet Giro dengan alasan antara lain:
    1. Hilang atau dicuri yang wajib disertai surat keterangan dari kepolisian;
    2. Bilyet Giro tidak dapat digunakan karena rusak yang wajib disertai dengan Bilyet Giro yang rusak.

  9. Bank tertarik wajib menahan dan menunda pembayaran Bilyet Giro yang diduga palsu atau isi Bilyet Giro diduga dimanipulasi. Bank tertarik wajib melakukan tindak lanjut dan verifikasi paling lama sampai dengan 1 (satu) hari kerja berikutnya.
  10. Pengunjukan warkat Bilyet Giro harus dilakukan oleh nasabah penerima atau pihak yang menerima kuasa dari nasabah penerima.

Mudah bukan? Anda hanya perlu memastikan seluruh informasi yang diperlukan dalam pengisian Bilyet Giro terisi dengan benar. Informasi lanjut hubungi Kantor Cabang BCA terdekat, Halo BCA 1500888 atau cukup mention akun Twitter: @HaloBCA.

Rekomendasi Artikel
Berita
BCA BALI RUN 2017 adalah lomba lari yang diprakarsai oleh PT Bank Central Asia Tbk.
Berita
Turnamen akbar BCA Indonesia Open Superseries Premier (BIOSSP) 2017 kembali hadir untuk para pecinta bulutangkis tanah air.
Berita
BCA menyelenggarakan Program BCA Virtual Account (VA) Berhadiah sektor Properti dan Edukasi 2017.
Berita
Bertempat di Social House, Grand Indonesia, Jakarta, 9 Mei 2017, penghargaan sebagai Best Content Strategy dari ajang Sitecore Experience Awards 2016.