Dirilis pada 10-03-2017

Raih Kesuksesan dengan Persiapan Matang

Raih Kesuksesan dengan Persiapan Matang

Kesuksesan merupakan buah manis dari suatu kerja keras. Mahatma Gandhi pernah bilang, masa depan bergantung pada apa yang kita lakukan hari ini. Artinya, untuk meraih sebuah kesuksesan, seseorang perlu berbenah diri secara terus-menerus.

Bersama tim pilihannya, Welly Yandoko membuktikannya di ajang IMA Marketing Excellence Award 2017. “Total tim saya ada lima orang. Ada yang bertugas melakukan olah data, menyiapkan bahan presentasi serta mengurus administrasi,” ungkap Welly pada Smart-Money.

Sebelum melakukan presentasi di tahap penjurian, Senior Vice President Consumer Loan di PT Bank Central Asia Tbk (BCA) itu hanya punya empat hari untuk mempersiapkan diri.

“Kita lakukan persiapan siang malam. Saya juga harus mempersiapkan diri dengan mempelajari buku Marketing 3.0 yang sangat tebal itu. Tiap hari saya bangun pukul 04.30 untuk mulai membaca buku itu agar bisa menguasainya. Empat hari itu emang saya ngebut untuk belajar,” paparnya.

Selain itu, dalam kurun yang terbilang singkat itu, berkat kerja tim yang solid, Welly berhasil membuat pemetaan dari hulu hingga ke hilir mengenai pihak-pihak yang terlibat dalam lini bisnis Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BCA. 

Pihak ini mulai dari pemasok (pengembang), bidikan pasar (konsumen kelas atas, menengah, dan bawah), komunitas dan lainnya. Kerja keras itu pun membuahkan hasil masih, Welly lolos penjurian dan menjadi Country Champion of Asia Marketing Exellence Award for Marketing Company of The Year 2017.

VP Academic IMA Setyo Riyanto mengungkap, peserta yang lolos dan masuk ke tahap seleksi (presentasi) untuk IMA Marketing Excellence Award 2017 adalah BCA, Pegadaian, Pertamina Lubricants, Bank Mandiri, dan PT KAI. 

Raih Kesuksesan dengan Persiapan Matang

Dari seluruh peserta ini, tim juri (Director Tourism IMA & Direktur Service and Facility Airport Angkasa Pura 2 Ituk Herarindri, CEO & Founder PT ElJohn Indonesia Johnnie Sugiarto, Deputy CEO MarkPlus, Inc Jacky Mussry) akan melakukan penilaian menggunakan kriteria tertentu.

Setyo mengungkap, penilaian meliputi aspek stratejik (penilaian pada Brand Management, Product Management, dan Customer Management) dan aspek taktis (Communication, Sales, dan Service). Kriteria tersebut nanti akan digunakan kembali oleh Asia Marketing Federation (AMF) untuk melakukan penjurian di Ubud, Bali pada Mei mendatang untuk ajang lanjutan dengan skala Asia.

“Juri memiliki perspektif masing-masing sesuai bidang kepakaran yang ada, namun mereka (Juri) yang terlibat adalah mereka yang sudah memiliki gelar CPM (Certified Professional Marketer) Asia serta senantiasa mengacu pada format penilaian AMF,” papar Setyo.  

Kemudian, nilai penilaian (sesuai Bobot dan Rating) para juri dikonversi dalam skor. “Panitia menerima nilai dalam bentuk skor sehingga kami tak dapat mengetahui secara spesifik faktor apa saja yang menurut masing-masing juri pada akhirnya meloloskan KPR BCA menjadi pemenang,” ungkap Setyo.

Welly ingat, para juri hanya memberi waktu presentasi sebanyak 30 menit dan 15 menit selanjutnya untuk tanya jawab. “Namun dalam kasus saya, seluruh proses berlangsung hampir dua jam. Padahal, untuk presentasi, saya berhasil menyelesaikannya dalam 30 menit,” ujarnya.

Selama sesi tanya jawab, Welly mengaku pokok bahasan berkembang ke banyak hal, termasuk pertanyaan yang menjurus pada kegiatan media sosial, komunitas dan sejenisnya. 

“Saya tidak menekuni media sosial. Namun, saya sering mengikuti kegiatan dari divisi-divisi lain dan banyak mendapat informasi sekaligus pengetahuan baru. Dari informasi ini akhirnya saya bisa menguhubungkan sendiri informasi yang saya miliki untuk menjawab pertanyaan para juri,” ungkapnya.

Raih Kesuksesan dengan Persiapan Matang

Salah satu Pendiri AMF Hermawan Kertajaya menambahkan,”Tahun ini, BCA menjadi wakil bagi Indonesia untuk menjadi wakil di ajang Asia setelah menjalani seleksi ketat dari kita”.

Sebagai informasi, BCA akan menjadi salah satu dari dua wakil dari Indonesia yang akan bersaing dengan 12 negara lain di Asia di Ubud, Bali pada 19 Mei 2017 mendatang. Untuk acara puncak, pemenang di tingkat Asia akan diumumkan di Mongolia pada September 2017.

Untuk menghadapi babak selanjutnya yang lebih menantang ini, Setyo punya pesan untuk BCA. “Mengingat presentasi disampaikan dalam bahasa Inggris dan juri berasal dari gabungan berbagai negara anggota AMF, kami berharap persiapan bisa lebih matang mengingat biasanya waktu presentasi sangat dibatasi,” katanya.

Untuk menghadapi ajang di tingkat Asia mendatang, Welly akan mencoba melakukan persiapan yang lebih serius dan teliti. “Segala sesuatu yang disiapkan dengan sungguh-sungguh dan teliti pasti akan berbuah manis,” pungkasnya.

BCA Senantiasa di Sisi Anda
Sumber: smart-money.co

Rekomendasi Artikel
Berita
Ikut peduli dengan perkembangan arsitektur Indonesia, sekaligus ingin mengembangkan citra sebagai bank yang modern dan berteknologi tinggi.
Berita
Dalam rangka HUT Lazada yang ke-5, ada kabar gembira untuk Anda para online shopper sejati. Bekerja sama dengan Bank BCA, program BCA KlikPay Deal!
Berita
Terkait informasi dan ketentuan dari Bank Indonesia mengenai Bilyet Giro, dengan ini BCA ingin menginformasikan mengenai ketentuan pengisian Bilyet Giro terbaru.
Berita
“Buku merupakan jendela dunia, karena dengan membaca kita dapat mengetahui segala sesuatu yang menakjubkan tentang dunia luar”.