Obligasi

Produk Obligasi yang bisa Anda dapatkan di BCA
Simulasi perhitungan target hasil investasi atau dana investasi Anda

Berita terkait produk investasi & asuransi di BCA

Kenali Produk

Kita pasti sering mendengar dan menemui istilah obligasi negara, tapi mungkin di antara Anda ada yang belum mengetahui definisinya. Secara sederhana, “obligasi negara adalah surat berharga dalam mata uang Rupiah maupun valuta asing yang dijamin pembayaran bunga dan pokoknya oleh Negara Republik Indonesia.

Daftar Produk

Ada berbagai macam produk Obligasi Negara. Produk Obligasi Negara yang dijual di BCA (Pasar Sekunder) antara lain:

  • Obligasi Negara Ritel (ORI)
    ORI adalah obligasi yang dijual kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia.
  • Sukuk Negara Ritel (SR)
    SR adalah Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang dijual kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia.
  • Fixed Rate (FR)
    FR adalah surat berharga yang berupa surat pengakuan utang dalam mata uang Rupiah yang dijamin pembayaran bunga dan pokoknya oleh Negara Republik Indonesia, sesuai dengan masa berlakunya.
  • Project Based Sukuk (PBS)
    PBS adalah SBSN yang diterbitkan oleh Pemerintah dengan tingkat imbal hasil tetap. PBS diterbitkan dengan underlying proyek Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun berjalan dan untuk membiayai kegiatan tertentu yang dilaksanakan oleh Kementerian Negara / Lembaga berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2011 tentang Pembiayaan Proyek melalui Penerbitan Surat Berharga Syariah Negara.
  • Obligasi Negara Valas (INDON)
    INDON adalah surat berharga yang berupa surat pengakuan utang dalam mata uang valuta asing yang dijamin pembayaran bunga dan pokoknya oleh Negara Republik Indonesia, sesuai dengan masa berlakunya.
  • Obligasi Negara Valas (INDOIS)
    INDOIS adalah surat pengakuan utang jangka panjang (di atas 12 bulan) dengan atau tanpa kupon, dalam denominasi valuta asing yang dijamin pembayaran kupon dan pokoknya oleh Negara Republik Indonesia, sesuai dengan masa berlakunya.

Keuntungan Produk

Obligasi termasuk investasi yang menguntungkan. Adapun beberapa keuntungannya antara lain:

  • Aman
    Pembayaran kupon/imbalan dan pokok sampai dengan jatuh tempo dijamin oleh UU No.24 Tahun 2002 / UU No.19 Tahun 2008 dengan dana yang disediakan APBN setiap tahunnya.
  • Kupon/Imbalan Kompetitif
    Pada saat diterbitkan (Pasar Perdana), kupon/imbalan ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito dari bank-bank BUMN.
  • Kupon/Imbalan Tetap
    Kupon/imbalan dengan tingkat bunga tetap sampai pada waktu jatuh tempo dibayarkan secara berkala.
  • Mudah & Likuid
    Dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder dengan mekanisme Bursa Efek atau Transaksi di Luar Bursa (over the counter).
  • Potensi Keuntungan (Capital Gain)
    Berpotensi memperoleh capital gain bila obligasi dijual pada harga yang lebih tinggi dibanding harga beli setelah memperhitungkan biaya transaksi di Pasar Sekunder.
  • Dapat Dijadikan Sebagai Agunan
    Obligasi Negara dapat dijadikan sebagai agunan. Di BCA khusus ORI dan SR saja yang dapat dijadikan jaminan pengajuan kredit.

Risiko Produk

Selain keuntungan, ada beberapa risiko juga yang perlu Anda perhatikan dalam investasi obligasi. Risiko-risiko tersebut antara lain:

  • Risiko Gagal Bayar
    Adalah risiko dimana investor tidak dapat memperoleh pembayaran dana yang dijanjikan oleh penerbit pada saat produk investasi jatuh tempo. Meski demikian, obligasi negara tidak mempunyai risiko gagal bayar karena Undang-Undang menyatakan bahwa negara menjamin pembayaran kupon/imbalan dan pokok obligasi Negara sampai dengan jatuh tempo dengan dana yang disediakan APBN setiap tahunnya.

  • Risiko Pasar
    Adalah potensi kerugian (capital loss) bagi investor akibat faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja keseluruhan dari pasar keuangan, antara lain perubahan suku bunga, perubahan ekonomi dan kondisi politik yang tidak stabil. Selain itu, kerugian juga dapat terjadi apabila investor menjual obligasi di Pasar Sekunder sebelum jatuh tempo pada harga jual yang lebih rendah dari harga belinya.

    Risiko pasar dalam investasi obligasi ini dapat dihindari apabila pembeli obligasi di Pasar Perdana tidak menjual obligasi sampai dengan jatuh tempo dan hanya menjual obligasi jika harga jualnya (pasar) lebih tinggi daripada harga beli setelah dikurangi biaya transaksi. Pada saat harga pasar turun, pemilik obligasi tetap mendapat kupon setiap bulan sampai jatuh tempo dan tetap menerima pelunasan pokok sebesar 100% (seratus persen) ketika produk investasi (obligasi) jatuh tempo.

  • Risiko Likuiditas
    Risiko likuiditas (liquidity risk) dapat terjadi apabila pemilik obligasi membutuhkan dana dalam waktu cepat tetapi surat obligasi tidak dapat dijual pada harga yang wajar. Risiko ini dapat dihindari karena obligasi negara dapat dijadikan sebagai agunan.

Keunggulan Produk di BCA

  • Dapat diperjualbelikan di counter BCA Prioritas/Solitaire dan KCU Non Prioritas dengan Harga Jual/Beli Obligasi yang kompetitif
  • Dapat dijadikan sebagai Agunan* Kredit Lokal, Time Loan Revolving, Installment Loan, dan Personal Loan.
  • Bebas Biaya Pengiriman Surat Konfirmasi Jual/Beli
  • Bebas Biaya Transfer Kupon **
Catatan :
* Khusus bagi nasabah BCA Prioritas/Solitaire. Hanya berlaku untuk obligasi jenis ORI dan SR.
** Bebas biaya transfer untuk obligasi jenis ORI, SR, FR, dan PBS.

Dapatkan Produk

Apabila Anda tertarik untuk membeli produk obligasi, silakan kunjungi cabang penjual Obligasi. Lihat daftar cabang penjual Obligasi klik di sini.

Disclaimer

Obligasi merupakan produk pasar modal dan BUKAN produk PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan BCA tidak bertanggung jawab atas segala tuntutan dan risiko yang timbul dari investasi pada produk Obligasi. BCA hanya bertindak sebagai Agen Penjual Produk Obligasi.

Investasi pada produk Obligasi BUKAN merupakan bagian dari simpanan pihak ketiga pada BCA sehingga tidak dijamin oleh BCA dan TIDAK TERMASUK dalam cakupan obyek program penjaminan pemerintah atau penjaminan simpanan. Investasi pada produk Obligasi mengandung risiko yang memungkinkan (calon) Investor kehilangan sebagian atau seluruh modal yang diinvestasikan. Setiap pilihan atas produk Obligasi yang dibeli (calon) Investor merupakan keputusan dan tanggung jawab (calon) Investor sepenuhnya, termasuk apabila (calon) Investor memilih jenis produk yang tidak sesuai dengan profil risiko (calon) Investor.

BCA terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.